Contoh Proposal jasa cleaning service

Kami adalah PT.Trimudi indonesia yang bergerak di bidang cleaning service yang mana kami berdomisili di cikarang
Cleaning Services adalah jasa yang menyediakan dan menjalankan sistem kebersihan, meliputi : Tenaga kerja, Metode kerja, Chemical dan peralatan kerja dengan tujuan menjaga nilai dari bangunan serta memperpanjang umur dari bangunan.

Company profaile

PROPOSAL PENAWARAN JASA CLEANING SERVICE
I. LATAR BELAKANG
Di era globalisasi dan modern ini, kebanyakan orang atau perusahaan dan instansi menyukai hal yang instan, cepat, hemat, dan efisien. Termasuk dalam hal kebersihan lingkungan, misalnya situasi kantor yang bersih dan nyaman. Tetapi untuk menciptakan situasi kantor yang bersih dan nyaman orang harus mengeluarkan biaya lebih untuk pekerja dan obat – obatan untuk membersihkan setiap bagian dalam ruangan kantor. Dan itu dirasa tidak cukup efektif dan hemat.
Oleh karena itu, untuk menciptakan situasi kerja kantor atau ruangan yang bersih dan nyaman dengan praktis dan hemat, kami siap membantu anda dalam usaha pembersihan dan perawatan disemua bagian ruangan dan lingkungan sekitar kantor anda. Dengan lingkungan yang bersih, ruangan – ruangan yang bersih dan harum, otomatis akan menciptakan suasana yang nyaman bagi diri anda, orang orang yang ada disekitar ( pegawai) , para tamu dan klien anda.
II. TUJUAN
Tujuan penawaran jasa kami adalah :
1. Untuk membantu menjaga kebersihan dan kenyamanan setiap ruangan dalam gedung klien kami
2. Untuk membantu perawatan gedung dan taman klien kami
3. Untuk membantu membersihkan setiap ruangan dalam gedung klien kami
4. Untuk memudahkan klien mengatasi masalah kebersihan dalam gedung maupun halaman kantor klien kami dengan lebih praktis dan biaya hemat
III. LINGKUP PEKERJAAN
1. Pemeliharaan Gedung Bagian Dalam
Pemeliharaan gedung bagian dalam meliputi:
a. Pembersihan plafon dari sarang laba – laba
b. Pembersihan tembok dinding dari noda – noda
c. Pembersihan tangga
d. Pembersihan pagar atau reilling dalam gedung
e. Pembersihan kap – kap lampu
f. Pembersihan smoke detector
g. Pembersihan tralis tralis dinding maupun lantai
h. Pembersihan kaca pemisah ruangan dan teralis bagian dalam
i. Pembersihan hiasan dinding
j. Pembersihan jendela kaca
k. Pembersihan Wallpaper
l. Dan lain – lain berdasarkan survey lapangan, akan ditambahkan sesuai permintaan
2. Pemeliharaan Gedung Bagian Luar, Kaca Jendela dan Tembok
a. Pembersihan atap atau talang gedung
b. Pembersihan kaca – kaca tinggi diatas 7 meter dan tralisnya
c. Pembersihan kaca jendela dan tralisnya
d. Pembersihan halaman dari kotoran
e. Pembersihan halaman parkir, driveway, walkway
f. Pembersihan logo / papan nama perusahaan atau instansi
g. Dan lain – lain sesuai kebutuhan
3. Pembersihan dan Pemeliharaan Lantai
a. Pembersihan lantai keramik
b. Pembersihan karpet
c. Pembersihan lantai marmer
d. Pembersihan lantai – lantai lain yang berada dalam area kantor
4. Pembersihan dan Pemeliharaan Kaca, Pintu, Jendela, Dinding dan Pilar
a. Pembersihan kaca dari debu dan bekas noda yang lain
b. Pembersihan pintu dari kayu, kaca atau bahan lain dari debu dan noda yang menempel
c. Pembersihan jendela kaca atau dari bahan yang lain dari noda yang menempel
d. Pembersihan pilar kayu atau stainles
5. Pemeliharaan Toilet
a. Pembersihan plafon dari sarang laba – laba
b. Pembersihan dinding dari noda sabun dan bercak air
c. Pembersihan accesories dalam kamar mandi
d. Pembersihan dan pengisian handsoap dispenser
e. Pembersihan meja wastafel
f. Pembersihan closet jongkok maupun dudukdan urinoir
g. Pembersihan dan polishing dengan nylonbrush lantai dan dinding toilet
6. Pembersihan Accesories Kantor
a. Pembersihan meja kerja
b. Pembersihan kursi kerja
c. Pembersihan filling cabinet
d. Pembersihan pesawat telepon dan partisi atau pemisah ruangan
7. Pemeliharaan dan Perawatan Taman
a. Pembersihan taman dari guguran daun dan sampah – sampah
b. Perawatan Taman dilakukan dengan cara menyiram tanaman 2 kali sehari, pagi dan sore
c. Perawatan taman dengan pengambilan daun – daun yang sudah menguning atau layu dan memangkas tanaman agar nampak lebih rapi.
d. Menggemburkan tanaman
e. Pemberian pupuk secara periodik
f. Pemberantasan hama tanaman
g. Penggantian tanaman yang mati
IV. WAKTU DAN OPERASIONAL KERJA
1. Kerja pegawai dimulai satu jam sebelum jam kerja kantor antara lain:
a. Pengambilan sampah sisa kemarin
b. Pembersihan meja dan kursi pegawai yang akan ditempati
c. Menyapu dan mengepel lantai
d. Pembersihan toilet
e. Pemberian pengharum ruangan
f. Pemberian pengharum telepon
g. Pembersihan daun pintu
2. Kerja pegawai selama jam kerja kantor klien
Selama jam kerja kantor klien, petugas kami selalu siap di tempat, untuk membersihkan lobby kantor, koridor ruangan, membersihkan toilet setelah dipakai tamu atau karyawan, halaman atau lantai untuk pejalan kaki, reiling, dan pengambilan sampah pada jam istirahat
3. Kerja pegawai satu jam setelah jam kantor klien berakhir diantaranya:
a. Mengambil sisa sampah yang tersisa selama jam kerja
b. Membersihkan meja dan kursi
c. Menyapu dan mengepel lantai
d. Membersihkan toilet
e. Dll.
V. TENAGA KERJA
Jumlah petugas yang ditempatkan ditentukan oleh kebutuhan kantor atau instansi serta berdasarkan kesepakatan dengan klien.
VI. FASILITAS
1. Peralatan kebersihan dan perawatan serta obat – obatan yang digunakan telah kami sediakan. Termasuk sapu, nylon, sekrop, dust pan, kapi, selang, timba, pupuk, chemical atau bahan pembersih, dll. ( Harga sudah termasuk petugas, peralatan dan perawatan gedung dan taman
2. Perawatan yang bukan tugas harian akan dijadwalkan berikutnya.
3. Paket kami sudah termasuk persediaan tissue roll, tissue facial, kamper ball/ pipih, pengharum ruangan, pengharum telepon, handsoap, hand tool, keset, keranjang sampah terbuka dan tertutup, dll
VII. SISTEM KERJASAMA
Sistem kerjasama yang kami tawarkan adalah sistem kontrak. Kontrak kerjasama berlaku sesuai permintaan klien, misalnya 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, dst. Segala peraturan yang berlaku akan disesuaikan dengan surat perjanjian yang dibuat setelah kerjasama terjalin. Perihal lain – lain akan dibahas dikemudian hari.
VIII. HARGA
Harga yang dikenakan pada klien akan diajukan berdasarkan survey dan kebutuhan klien.
SOP ( Standar Oprational Prosedur) Cleaning service
- Koordinasi Masalah Ketenaga Kerjaan di masing-masing lokasi.
- Kontrak kerja dengan pengguna jasa
- Hubungan Kerja atau perjanjian kerja
- Penggajian / Upah
- Surat menyurat
a. Penarikan
b. Penempatan
c. Penggantian tenaga kerja : Cuti, Undur diri .Mutasi , Penarikan , Pembinaan , Pengurangan.
- Sistem Kerja Cs
- Sitem Pengawasan
- Barang dan Peralatan
JOB DESCRIPTION DIVISI CLEANING SERVICE
PERSONALIA CS :
1. Interviuw tenaga kerja
2. Orentasi tenaga kerja baru
a. Penyampaian Pedoman kerja 4 M & 5 R
b. Rutinitas Cleaning
c. Pengenalan Chemical dan barang serta alat Cleaning Service
3. Surat Menyurat
4. Pembinaan
5. Cek Absensi
6. Rekap Gaji
7. Pembinaan Tenaga Kerja
8. Cek Look Book SPV
9. Tanggap terhadap permasalahan di lokasi
10. Keluhan tenaga kerja dilapangan
Koord SPV :
1. Mengatur pengawasan supervisor keliling
2. Sistem kerja Supervisor : Rutinitas & Berkala, Ceklist kerja
3. Cek Lock book supervisor keliling
4. Mengatur General Cleaning meliputi pemolesan dan pencucian karpet
5. Penanganan complaint di lapangan
6. Cek buku keluar pengawas
7. Pengaturan lokasi baru
Supervisor
1. Bertanggung jawab terhadap lokasi yang diberikan
2. Keliling rutin lokasi
3. Membantu pembersihan lokasi
4. Mengisi penilaian terhadap lokasi dan tenaga Cleaning Service
5. Diwajibkan menghadap kabag umum atau pimpinan ( pemakai Jasa)
6. Mengisi form keluar kantor
7. Training tenaga Cs baru di lokasi
8. Wajib piket kantor
9. General cleaning service dilokasi Surabaya dan luar kota
10. Mengganti tenaga kerja yang tidak masuk apabila tidak ada pengganti
PROGRAM TETAP SUPERVISOR CS KANTOR
javazindo cleaning service
A. 3( Tiga) konsep cleaning service
KebersihanØ
KerapianØ
KetelitianØ
B. Urutan pengawasan di lapangan :
Pembersihan & Pengecekan .
HalamanØ
KacaØ
LobbyØ
Absensi CSØ
Barang Chemical Mesin ( Vaccum Plesh ) Ø
Kerapian GudangØ
Seluruh Area GedungØ
Menghadap bagian umumØ
Bertemu dengan tenaga kerjaØ
C. Berpedoman pada 5 ( Lima) sikap mental :
IkhlasØ
JujurØ
DisiplinØ
Tanggung JawabØ
LoyalitasØ
D. Berpedoman pada 5 ( Lima) R dan 1 ( satu) T pedoman kerja :
ResikØ
RingkasØ
RapiØ
RawatØ
RajinØ
TelitiØ
TUGAS RUTIN TENAGA CLEANING SERVICE
Tugas rutin yang harus dikerjakan seorang tenaga cleaning service meliputi :
1. Membersihkan meja, computer dan telepon.
2. Membersihkan kursi
3. Membuang sampah
4. Membersihkan kaca indoor atau Outdoor.
5. Membersihkan sawang-sawang
6. Membersihkan kamar mandi meliputi.
MembersihkanØ Langit-langit atau sawang-sawang .
Membersihkan lampu kamar mandiØ
Membersihkan dinding kamar mandiØ
Membersihkan wastafelØ dan Cermin
Membersihkan ClosetØ
Menyikat atau mengepel kamar mandiØ
7. Membersihkan alat pemadam kebakaran
8. Membersihkan tempat puntung rokok
9. Membersihkan Halaman ( menyapu )
10. Perawatan bunga ( menyiram Pemupukan, menggemburkan tanah)
11. Menyapu lantai atau melobby
12. Mengepel lantai dll
General Cleaning :
Pembersihan kaca luar LisØ
General kamar mandiØ
Pencucian Karpet ( bila ada karpet ) Ø
Pemolesan marmer / keramikØ
Jenis obat yang dipakai untuk pembersihan meliputi :
Obat untuk lantai disebut Forward warna hijauØ
Obat untuk kakus / wc disebut karbol warna putihØ
Obat untuk kaca / meja disebut glance warna biruØ
Obat untuk cuci tangan disebut hand soap warna kuningØ
Obat untuk pengharum kamar mandi disebut parfum warna merahØ
Obat untuk membersihkan kerak-kerak kamar mandi disebut gogetherØ
Obat untuk memperlancar saluran air / got disebut soda api ( bila perlu) Ø
Alat – alat cleaning service meliputi :
Sapu ijukØ
Sapu lidiØ
CikrakØ
Wolpell lengkapØ
Lobby dasterØ
Stik kacaØ
Vaccum Cleaner ( bila perlu) Ø
Mesin Poles ( Bila Perlu) Ø
Kop AirØ
Keranjang sampahØ
Dll.Ø
RUTIN NITAS Tenaga CLEANING SERVICE
Tugas Rutin yang harus dikerjakan seorang tanaga Cleaning Service
I. Pertama Yang harus dikerjakan
1. Membersihkan meja, Kursi, komputer Telepon
2. Membuang sampah.
3. Membersihkan kaca indoor dan outdoor
4. Membersihkan sawang-sawang
5. Menyapu loby ( Ruang Nasabah)
6. Mengepel ruangan
II Membersikan Kamar Mandi Meliputi
1. Membersihkan langit-langit / sawang atap kamar mandi
2. Membaesikan lampu kamar mandi
3. Membersihkan dinding kamar mandi
4. Membersihkan wastafel & cermin
5. Membersihkan tempat sabun
6. Menyikat lantai dan membersihkan colset yang berkarak
7. Mengepal kamar mandi
III.Membersihkan Peralatan Gedung
1. Membersihkan alat pemadam kebakaran
2. Membersihkan tempat odner dan odder
3. Membersikan almari
4. Membersihkan bunga plastic
5. Membersikan pigora atau lukisan
6. Membersihkan tempat punting rokok Dll
IV. Menyapu dan Meloby
1.Menyapu ruang pimpinan serta melobi
2. ruangan nasabah atau loby
V. Mengepel
VI. Membersihkan Halaman
1. Menyapu dan mengepel halaman
2. Merapikan tanaman yang ada dijalanan
3. Perawatan bunga yang ada dihalaman maupun didalam gedung dengan cara ( menyiram, pemupukan, mengemburkan tanah)
Selesai Melaksanakan tugas rutin clening service diwajibkan merapikan serta merawat peralatan kerja yang habis digunakan.
Apabila tugas pagi sudah dilaksanakan untuk clening service diwajibkan melakukan pengontrolan lagi terhadap hasil kerja pagi.
Seorang clening service juga harus bias menggunakan alat- alat untuk general clening seperti:
1. Mesin vaccum
2. Alat polesh
General Cleaning biasanya digunakan pada hari sabtu atau minggu :
1. Pembersihan keseluruhan kaca luar dan list
2. General Kamar Mandi
3. Pencucian karpet ( Bila ada karpet)
4. Pemolesan lantai
Semua tenaga cleaning sevice wajib menjalankan dan melaksanakan pedoman kerja yaitu 5M & 5 R 1T:
5.Dasar mental
1. iklhas : dalam melaksanakan suatu pekerjaan.
2. jujur : jujur segi keuangan , absensi.
3. disiplin : dalam waktu kerja.
4. tanggung jawab : dalam bekerja maupun hasil kerja.
5 R 1 T .Pedoman kerja
1. resik : Bersih secara rasa, raba dan pandang.
2. Ringkas : Cara Kerja yang tertib dan terarah ( efiktif) .
3. rapi : kerapian untuk diri sendiri maupun hasil kerja.
4. Rawat : Pemeliharaan peralatan dan ketelitian.
5. Rajin : melakukan pekerjaan secara kontinu dan terus menerus.
JADWAL KERJA CS
J a m K E T E R A N G A N
S E N I N - K A M I S
06.30 - 09.00 > Membersihkan Ruangan, Meja, Komputer, Telepon.
> Membuang sampah.
> Membersihkan Lantai ( dipel) , Kaca, Kamar mandi,
Wastafel, Halaman dan Tangga.
> Membuat Air Minum Untuk Staf.
> Membersihkan Dapur
09.00 - 10.00 > Mengontrol Lantai, Kamar Mandi, Wastafel, Kaca,
Halaman, Dan Tissu.
10.00 - 12.00 > Mengontrol Lantai, Kamar Mandi, Wastafel, Kaca,
10.00 - 12.00 Halaman Dan Tissu.
> Membantu Staf Kantor / karyawan
12.00 - 13.00 I S T I R A H A T
13.00 - 14.00 > Mengontrol Lantai, Kamar Mandi, Wastafel, Kaca.
14.00 - 15.00 > Mengontrol halaman.
> Membatu Staf / Karyawan .
15.00 - 17.00 > Mengontrol Lantai, Kamar Mandi, Wastafel, Kaca,
Halaman Dan Tissu.
> Membersihkan Dapur
17.00 P U L A N G
J U M ' A T
07.00 - 09.00 > Membuang sampah.
> Membersihkan Lantai ( dipel) , Kaca, Kamar mandi,
Wastafel, Halaman dan Tangga.
> Membuat Air Minum Untuk Staf.
10.00 - 12.00 > Mengontrol Lantai, Kamar Mandi, Wastafel, Kaca,
Halaman Dan Tissu.
> Membantu Staf Kantor / karyawan .
12.00 - 13.30 I S T I R A H A T
13.30 - 14.00 > Mengontrol Lantai, Kamar Mandi, Wastafel, Kaca,
Halaman Dan Tissu.
14.00 - 15.00 > Membersikan tempat sampah.
> Membersikan tempat sampah Rokok.
> Membersihkan Awang - Awang Ruangan.
> Mencuci Kain Lap Kaca Dan kain Pel.
> Membersihkan Musholla
15.00 - 17.00 > Mengontrol Lantai, Kamar Mandi, Wastafel, Kaca,
Halaman Dan Tissu.
> Membantu Staf Kantor / karyawan
STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE
PERSONALIA
Standard Operational Procedure Personalia ( SOP)
1. Etika Pelayanan Kepada Pengguna Jasa
a. Penyampaian informasi
b. Penyampaian permasalahan
c. Penyelesaian permasalahan/ kejadian – kejadian dilokasi
2. Penempatan Tenaga Kerja
a. Permintaan dari pengguna jasa
b. Pengajuan tenaga kerja
c. Penempatan
d. Mutasi/ rolling
3. Penarikan Tenaga Kerja
a. Karena permasalahan
b. Karena pengurangan
c. Putus kontrak
d. Penyelesaian
4. Pembinaan Tenaga Kerja
a. Rutin
b. Karena permasalahan
c. Permintaan pengguna jasa/ pembinaan khusus
5. Permohonan Ijin / Cuti
a. Hak cuti
b. Tata cara pengajuan ijin/ cuti
c. Cuti khusus
d. Sanksi atas pelanggaran ijin/ cuti
6. Penggajian/ Pengupahan
a. Sistem penggajian/ pengupahan
b. Tata cara penghitungan upah per-hari
7. Penggantian Tenaga Kerja karena ijin/ cuti atau berhalangan masuk
a. Persiapan tenaga kerja pengganti
b. Uang transport/ uang PKL
8. Penanganan permasalahan
a. Tenaga kerja dan kejadian-kejadian dilokasi
b. Inventarisasi permasalahan
c. Klarifikasi
d. Solusi penyelesaian
e. Sanksi – sanksi
9. Status Hubungan Kerja
a. Tetap
b. Kontrak
1. Tata cara pemanggilan
2. Tata cara pengisian SK3 WT
a. Kontrak pertama
b. Kontrak kedua
c. Administrasi SK3 WT
10. Udur diri dan pinjam ijazah
a. Prosedur undur diri
b. Prosedur pinjam ijazah
11. Pengarsipan
a. Buku tenaga kerja
b. Surat menyurat
c. lain-lain.